Sabtu, 28 November 2009

Bab 5

A.MENENTUKAN PERANGKAT LUNAK
a)editor HTML
digunakan untuk mendesain homepage dan komponen-komponennya
b)editor graphics
digunakan untuk mengedit gambar yang akan ditampilkan pada homepage
c)editor multimedia animasi dan suara
digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara
B.MEMBUAT LAYOUT HOMEPAGE
-pilih start , all programs , microsoft frontpage
-pilih menu file , new , page or web
-pilih page templates

HTML merupakan bahasa pemrograman yang dapat membangun suatu halaman web. Layaknya suatu bahasa pemrograman ternyata HTML juga memerlukan software, softwarenya dikenal dengan HTML editor. HTML editor ini akan menerjemahkan bahasa HTML ke dalam tampilan web yang nantinya dapat dilihat oleh para pemakai internet.

Secara umum dikenal dua jenis HTML editor, yaitu text editor dan WYSIWYG editor.

  1. Text editor biasanya menggunakan suatu bahasa pemrograman. Jadi, bagi mereka-mereka yang telah mahir dalam berbahasa pemrograman dan dapat menggunakan bahasa HTML maka mereka dapat menggunakan editor ini. Seperti halnya bahasa pemrograman, dalam penulisan bahasa HTML, kita juga menggunakan berbagai macam kode-kode atau sintaks yang langsung ditulis sesuai aturan yang berlaku dalam penulisan HTML. Contoh Text Editor adalah Homesite. Penulisan HTML menggunakan notepad juga bisa digunakan walaupun fungsinya bukan sebagai HTML editor.
  2. WYSIWYG editor merupakan singkatan dari What You See Is What You Get editor. WYSIWYG adalah suatu HTML editor yang berbasis GUI (Graphic User Interface). HTML editor ini cocok bagi mereka-mereka yang tidak terbiasa menggunakan bahasa pemrograman atau sintaks pada HTML. Salah satu contoh WYSIWYG editor adalah Macromedia Dreamweaver.

File HTML biasanya mempunyai ekstensi .HTML atau .HTM

Bagi para pemula, kita dapat memulai pembuataan homepage sederhana melalui fasilitas notepad yang telah tersedia. Namun sebelum memulainya kita harus tahu terlebih dahulu apa saja elemen-elemen dari suatu dokumen HTML.

Suatu dokumen HTML biasanya berisi teks, gambar, suara, animasi atau video. Dokumen HTML tersusun atas tiga bagian,

1. Baris yang berisi informasi versi HTML yang digunakan,

2. Deklarasi bagian header dengan elemen head,

3. Deklarasi bagian body dengan elemen body,

Elemen HTML terdiri atas tag-tag tertentu dengan berbagai macam atributnya.

Dalam menandai suatu elemen pada dokumen HTML, kita dapat menggunakan tag yang terdiri atas tanda lebih kecil (<), sebuah nama tag, kemudian tanda lebih besar (>). Contohnya, <….>, titik-titik tersebut berisi nama tagnya. Dan biasanya tag tersebut berpasangan, misalnya <..> dengan dimana tag pertama merupakan suatu tag awal yang menandakan awal elemen dan tag kedua yang merupakan penanda dari akhir elemen. Perlu diketahui penulisan dengan menggunakan huruf besar atau huruf kecil pada nama tag tidak memberikan pengaruh apa-apa.

Komponen yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan dokumen HTML dinyatakan pada tag , , dan berikut dengan tag pasangannya.

Pada head, ditulis informasi tentang dokumen seperti judul dan scrip tertentu.

Pada body, terdapat teks yang sebenarnya seperti tampilan-tampilan berbentuk paragraf, grafik, gambar atau lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar